cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Melawi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020" : 6 Documents clear
PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERSTRUKTUR PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISPADA MATERI PECAHAN DI KELAS VI Hendrica Liya Fedrica; Mutazam Mutazam; Eko Fery Haryadi Saputro
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v1i1.206

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of the contextual teaching and learning model with a scientific structure on the ability of mathematical representation in fraction material in class VI SDN 08 Banua Ujung. The method of research used is the experimental research method withresearch design pre-experiment. The study used adesign. The pretestposttestresearch subjects used 13 students of class VI in public elementary schools 08 Banua Ujung. Data collection was done by means of tests. Data analysis using simple linear regression analysis and effect size. The results of the analysis show that: 1) there is the effect of scientific structure contextual learning on the ability of mathematical representation with a significance value of 0.04 0.05. 2) the influence of the CTL model of scientific structure on the ability of mathematical representation is 1.8, with the percentage in table z valued at 46.41% and in the Cohen table worth 96%. The results showed that the ability of mathematical representation increased significantly. Keywords : CTL model with scientific structure, mathematical representation, fraction.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CTL berstruktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis pada materi pecahan di kelas VI SDN no 08 Banua Ujung.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-experiment. Penelitian menggunakan desain pretestposttest.Subjek penelitian menggunakan 13 siswa kelas VI di sekolah dasar negeri  08 Banua Ujung.Pengumpulan data dilakukan melalui cara tes. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan effect size.Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pembelajaran kontekstual berstruktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis dengan nilai signifikansi 0,04 0,05. 2) besar pengaruh model CTL bersrtuktur saintifik terhadap kemampuan representasi matematis adalah senilai 1,8, dengan persentase pada tabel z bernilai 46,41% dan pada tabel Cohen bernilai 96%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis meningkat secara signifikan.Kata kunci : Model CTL berstruktur saintifik, representasi matematis, pecahan.
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SUKRISTIN SUKRISTIN; Indri Claudya
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v1i1.192

Abstract

Latar Belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran sehingga membuat  siswa hanya diam ketika ditanya oleh guru, siswa tidak berani bertanya terhadap materi yang belum dimengerti, siswa tidak berani dan malu-malu ketika berada di depan kelas, siswa tidak berani berbicara saat di depan kelas, dan pembelajaran hanya berfokus pada siswa yang aktif.  Penelitian ini bertujan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen (Pre Experimental Design) dengan menggunakan desain penelitian One-Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon. Hail data yang telah diuji dengan uji wilcoxon memperoleh hasil, Whitung sebesar 129 sedangkan Wtabel  senilai 208, ini berarti Whitung Wtabel , maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa metode bermain peran dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa. Dengan nilai Whitung Wtabel, maka metode bermain peran memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap aktivitas belajar siswa dibandingkan sebelum diterapkannya metode bermain peran, sehingga membuat aktivitas siswa menjadi meningkat.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Menggunakan Media Buku Cerita di Sekolah Dasar Winda Rostiani; Mastiah Mastiah; Nur Sulistyo Mutaqin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v1i1.175

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to improve the intensive reading skills of fifth grade students of SDN 11 Tengkajau using storybook media. This study uses a classroom action research method. which is a cycle consisting of a problem-action plan-action plan-evaluation and reflection. The subjects used were 12 grade students of SDN 11 Tengkajau Pinoh Utara. The results showed that by using storybook media, the intensive reading ability of the fifth grade students of SDN 11 Tengkajau increased.Keywords: Ability, Intensive Reading, storybook media, Indonesian language learning Abstrak: Tujuan  penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas V SDN 11 Tengkajau menggunakan media buku cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. yang merupakan suatu siklus yang terdiri atas adanya masalah-rencana tindakan-rencana pelaksanaan tindakan-evaluasi dan Refleksi. Subyek yang digunakan adalah siswa  kelas V SDN 11 Tengkajau Pinoh Utara sebanyak 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan media buku cerita, kemampuan membaca intensif siswa kelas V SDN 11 Tengkajau meningkat.Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Intensif, media buku cerita, pembelajaran Bahasa Indonesia
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP GERAKAN SALAT SISWA KELAS II MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SDN 2 NANGA MAN Trisnawati Trisnawati; Muhammad Akip; Khairil Akbar
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i1.255

Abstract

This study aims to determine the ability of students to practice the movement of prayer in the subjects of Islamic Education (PAI) class II SDN 2 Nanga Man. The research was carried out based on the background of the problem students were not yet skilled in practicing the prayer movement. Through this research, students are expected to be able to practice the movement of prayer well and correctly so that it can be useful in everyday life. This study used a demonstration method assisted by audio visual media in class II of SDN 2 Nanga Man. This type of research is an experiment using the form of Pretest-Posttest Design One-Group. The population in this study were second grade students of SDN 2 Nanga Man using a total sampling technique or saturated sample of 17 people consisting of 8 female students and 9 male students. The results of this study obtained an average score of 54.65 and posttest pretest 78.86. Hypothesis test results from the Wilcoxon match pair test on the prayer movement observation sheet show that the value 1.96 -3.622 or Z table Z count so that H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there are differences using the demonstration method assisted by audio visual media before and after being applied to the prayer movement to students, especially in PAI learning in class II of SDN 2 Nanga Man.Keywords: Audio Visual Media Assisted Demonstration and Salat Movement Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gerakan salat siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode demonstrasi berbantu media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas II SDN 2 Nanga Man. Penelitian dilaksanakan berdasarkan latar belakang masalah siswa belum terampil dalam mempraktikan gerakan salat. Melalui penelitian ini di harapkan siswa dapat mempraktikan gerakan salat dengan baik dan benar sehingga bisa berguna di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi berbantu media audio visual pada siswa kelas II SDN 2 Nanga Man. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan bentuk Design One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas II SDN 2 Nanga Man dengan menggunakan teknik total sampling atau sampel jenuh yang berjumlah 17 orang terdiri dari 8 siswa perempuan dan9siswa laki-laki. Hasil penelitian ini diperoleh skor rata-rata  pretest 54,65 dan posttest 78,86. Hasil uji hipotesis dari uji wilcoxon match pair test pada lembar pengamatan gerakan salat siswa menunujukan nilai 1.96 -3.622 atau Z table Z hitung sehingga H0di tolak dan Ha di terima . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan menggunakan metode demonstrasi berbantu media audio visual sebelum dan sesudah diterapkan terhadap gerakan salat pada siswa, khususnya pada pembelajaran PAI di kelas II SDN 2 Nanga Man.Kata Kunci: Demonstrasi Berbantu Media Audio Visual dan Gerakan Salat.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) KELAS III SDN 01 ELLA HILIR Haryati Haryati; Muhammad Akip; Eko Rudiansyah
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i1.256

Abstract

Abstract : The purpose of the study was to improve the learning process and student learning outcomes in mathematics in the class III SDN 01 Ella Hilir Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi. The research method uses classroom action research with a strategy inside outside circle with two cycle namely cycle I dan cycle II. Data collection techniques in this study researchers used test techniques and non-test research instruments using written test, observation sheets and documentation sheets.The learning activities increased after using strategy inside-outside circle. Can be seen in the cycle I meeting II get value the percentage of 52,05% and the meeting II obtain 74,74%. Cycle II meeting I received scores of the percentage of 88,20%. Study results increased seen from the percentage be completed study results students namely cycle I 66,67%  and cycle II 86,67% as for the increase is 20%.The conclusion of student learning outcomes in cicle I and II it can be conculed that using the inside outside circle strategy to improve student learning outcomes in mathematics subject class III SDN 01 Ella Hilir can be improved.Keywords: Learning Outcomes, strategy inside-outside circleAbstrak : Tujuan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 01 Ella Hilir Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi. Metode Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan strategi Inside-Outside Circle dengan dua siklus yakni Siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik tes dan non tes instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Hasil kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan setelah menggunakan strategi Inside-Outside Circle, dapat dilihat pada siklus I pertemuan pertama memperoleh nilai persentase 52,05% dan pertemuan kedua memperoleh 74,74%. Siklus II pertemuan pertama memperoleh nilai persentase 88,20%. Hasil belajar siswa meningkat terlihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I 66,67% dan pada siklus II 86,67% adapun peningkatannya ialah 20%. Kesimpulan dari hasil belajar siswa pada siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa menggunakan strategi inside-outside circle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN 01 Ella Hilir dapat ditingkatkan.Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Inside-Outside Circle
PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVISME UNTUKMENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 18 TUBUNG Sepiana Rosita; Asep Eka Nugraha; Ahmad Khoiri
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 8, No 1 (2020): JUNI 2020
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v8i1.257

Abstract

ABSTRACT(Bahasa Inggris) The general purpose of the research is to improve students' critical thinking by applying constructivism models in social studies learning on the material events of the arrival of westerners in class V of Elementary School Public 18 Tubung. The purpose of the research is specifically to improve (1) Planning learning by using constructivism models on social studies subjects to improve students' critical thinking (2) Implementation of learning by using constructivism models on social studies subjects to improve students' critical thinking (3) Students' critical thinking results by using the constructivism model on social studies subjects.This study used the classroom action research method, with the type of participant research. The research design uses the Kemmis and Mc Taggart models, namely planning, implementation, observation, reflection. The research instruments used were observation sheets for learning planning and implementation of learning, student observation sheets and student worksheets. The number of subjects in this study were 14 students consisting of 7 male students and 7 female students.The results showed: (1) The ability of teachers to plan learning increased to 0,19 from the average value of the first cycle of 3.38 while the second cycle of 3,57. (2) The ability of teachers in implementing learning shows an increase of 0,29 from the average value of the first cycle of 3,28 while the second cycle of 3,57. (3) The results of students' critical thinking also increased by 18,30, from the average value of the first cycle which is 62,50 while the second cycle of 80,80. Judging from the completeness value of student learning outcomes with Minimum Mastery Criteria (KKM) which is 60, in the first cycle the average value of 67,57 and the second cycle of 77,85 means that social studies learning material on the event of the arrival of the western nation has been declared complete has reached minimum completeness criteria, by applying constructivism learning models to social studies subjects about western events, students' critical thinking increases. Keywords: Application, Constructivism Model, Critical Thinking of Students, Social Sciences SubjectsABSTRAK Tujuan penelitian secara umum yaitu meningkatkan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model konstruktivisme dalam pembelajaran IPS pada materi peristiwa kedatangan bangsa barat di kelas V SD Negeri 18 Tubung. Adapun tujuan penelitian secara khusus yaitu meningkatkan(1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model konstruktivisme pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan berpikir kritis siswa (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model konstruktivisme pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan berpikir kritis siswa (3) Hasil berpikir kritis siswa dengan menggunakan model konstruktivisme pada mata pelajaran IPS.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan jenis penelitian partisipan. Desain penelitian menggunakanmodel Kemmis dan Mc Taggart yaitu perencanaan, tindakan/pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi siswa dan lembar kerja siswa. Jumlah subjek pada penelitian ini 14 siswa terdiri 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.Hasilpenelitian menunjukan: (1) Kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran meningkat menjadi 0,19 dari nilai rata-rata siklus I 3,38 sedangkan siklus II 3,57. (2) Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukan peningkatan 0,29 dari nilai rata-rata siklus I 3,28 sedangkan siklus II 3,57. (3) Hasil berpikir kritis siswa juga meningkat 18,30, dari nilai rata-rata siklus I yaitu 62,50 sedangkan siklus II80,80. Dilihat dari nilai ketuntasan hasil belajar siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 60, pada siklus I nilai rata-rata 67,57 dan siklus  II77,85 artinya pembelajaran IPS pada materi peristiwa kedatangan bangsa barat dinyatakan tuntas telah mencapai kriteria ketuntasan minimum, dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme pada mata pelajaran IPS tentang peristiwa bangsa barat maka berpikir kritis siswa meningkat. Kata Kunci: Penerapan, Model Konstruktivisme,Berpikir Kritis Siswa, MataPelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Page 1 of 1 | Total Record : 6